[Book Review] Perahu Kertas

Membaca sekilas review cover belakang dari buku ini, bagi saya sedikit banyak sudah bisa menebak kira-kira cerita seperti apa yang disajikan. Dua tokoh sentral yang disuguhkan, Kugy yang aneh dan Keenan yang ajaib. Perpaduan dua insan pasangan yang jamak terjadi di khalayak masyarakat. Berlikunya perasaan hati, turun naiknya emosi jiwa sampai melankolisnya perilaku untuk memutuskan dan menyatakan perasaan cinta antara keduanya menjadi arus utama cerita. Demi menyuguhkan dramatisasi dari proses pengungkapan dan penyatuan cinta antara keduanya, bermunculanlah hilir mudik tokoh-tokoh yang membuat kesan semakin rumitnya situasi yang ada.

Dari cerita yang disuguhkan, dalam kacamata pribadi saya, cukup bagus walaupun alur ceritanya mondar mandir turun naik antara perasaan senang dan sedih. Walau bagaimana pun, sketsa cerita yang terpecah-pecah antara satu tokoh dengan lainnya, perjalanan waktu yang tertulis dengan bulan dan tahun seperti memberi sinyal pada pembaca bahwa butuh sekitar 2 – 3 tahun untuk seorang anak ajaib dan anak aneh bersatu dan jujur dengan perasaannya. Penutupnya pun terlalu sederhana dari alur yang begitu panjang dan kesan rumitnya situasi yang sudah dengan apik disuguhkan di bagian awal sampai pertengahan.

Harus diakui, sisi apik yang disuguhkan oleh Dee di dalam novel ini ialah perpaduan kata-katanya, detail alur waktunya, detail latar belakang cerita para tokohnya dan membuat rajutan keterkaitan antara tokoh satu dan lainnya adalah satu upaya yang tidak mudah.

Mungkin ini masalah selera, walaupun banyak orang di sekitar saya mengatakan novel ini ringan dan bagus, tapi bagi saya, novel ini terkesan biasa saja seperti halnya novel remaja yang lain. Mungkin karena itu, saya butuh 7 hari untuk menyelesaikan novel ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s