Mutiara Doa dalam Al Qur’an

Senjatanya seorang muslim adalah Doa.
Doa menandakan bahwa kita hanyalah manusia yang penuh dengan kelemahan dan keterbatasan.
Doa sebagai tanda bahwa kita manusia memiliki kebutuhan yang besar atas Kerahmatan dan Kerahiman dari Allah SWT dalam menjalani setiap jejak kehidupan dunia.
Selayaknyalah, dengan semua kenikmatan yang kita peroleh sampai detik ini, menyadarkan kita bahwa Allah berhak mendapatkan ketaqwaan yang layak dan terbaik dari kita, hamba-Nya.
Allah senang dengan hal yang indah, termasuk juga dalam setiap untaian doa yang kita panjatkan.
Berikut mutiara doa yang ditemukan di bagian akhir pada sebuah Al Qur’an. Seperti halnya mutiara, indah di segala sisinya, meneduhkan dan mendamaikan. Biasanya doa ini dianjurkan ketika sudah khatam Al Qur’an, namun jika belum pun, rasanya tidak mengapa.

“Ya Allah, dengan Al Qur’an, karuniakanlah kasih sayang-Mu kepada hamba, Jadikan Al Qur’an sebagai imam, cahaya, hidayah, dan sumber rahmat bagi hamba”

“Ya Allah, karuniakan kebaikan bagi hamba dalam beragama, yang merupakan kunci kehormatan bagi hamba. Karuniakan kebaikan kepada hamba di dunia, yang merupakan tempat hamba menjalani hidup. Karuniakan kebaikan akhirat bagi hamba, yang merupakan tempat hamba kembali. Jadikan kehidupan hamba senantiasa lebih baik. Jadikan kematian sebagai kebebasan hamba dari segala keburukan. ”

“Ya Allah, jadikan umur terbaik hamba di penghujungnya, jadikan amal terbaik hamba di penutupnya, jadikan hari-hari terbaik hamba saat bertemu dengan-Mu”

“Ya Allah, hamba mohon kepada-Mu permintaan terbaik, doa terbaik, kesuksesan terbaik, ilmu terbaik, amal terbaik, pahala terbaik, kehidupan terbaik, kematian terbaik. Kuatkanlah hamba, beratkanlah timbangan kebajikan hamba, realisasikan keimanan hamba, tinggikan derajat hamba, terima sholat hamba, ampuni dosa-dosa hamba, dan hamba memohon surga tertinggi.”

“Ya Allah, karuniakanlah kebaikan bagi hamba dalam segala urusan, berikan pahala kepada kami dari segenap luka dunia dan siksa akhirat.”

“Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang membatasi antara kami dengan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan anugerahkanlah ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan kami ke surga-Mu, anugerahkan pula keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami atas segala musibah di dunia ini. Ya Allah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran, penglihatan, dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dari kami. Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiayakan kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami. Janganlah Engkau jadikan musibah kami ada dalam urusan agama kami. Jangan jadikan dunia ini adalah cita-cita kami terbesar dan puncak dari ilmu kami. Jangan Engkau jadikan berkuasa atas kami, orang-orang yang tidak mengasihi kami.”

“Ya Allah, jangan pernah Engkau tinggalkan dosa, melainkan Engkau ampuni. Tidak ada kegalauan kecuali Engkau berikan jalan keluar, tidak ada hutang kecuali Engkau penuhi, dan tidak ada satu pun kebutuhan dunia dan akhirat kecuali Engkau penuhi, Wahai Tuhan Semesta Alam ”

“Ya Rabb kami, berikan kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di Akhirat, serta jagalah kami dari api neraka”

“Semoga salam dan shalawat senantiasa terlimpah curah kepada Nabi Muhammad, keluarga, serta para sahabat terpilih”

Amin ya robbal alamin

Semoga doa diatas bisa menjadikan inspirasi doa pada setiap ibadah yang dilakukan. Amin 

Note: Gambar diatas adalah Al Qur’an tertua yang ditemukan di India, dan sekarang dipajang di British Museum

Catatan 30 Juli 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s