Engkau akan Ditentukan sesuai dengan Posisimu

    Aneh sekali, setiap sudut menjadi sunyi
    Jika permintaan itu banyak maka yang membantu menjadi sedikit


Aku mengenal seseorang yang terpotong kakinya pada sebuah tragedi dalam hidupnya. aku datang kepadanya untuk melihatnya. Ternyata ia adalah seorang yang berakal dan alim. aku ingin mengatakan sesuatu kepadanya : “Umat tidaklah menunggumu untuk menjadi seorang pelari yang lihai dan bukan pula sebagai petarung yang dapat memenangkan pertandingan. namun umat hanya menunggu pendapat yang benar dan ide cemerlang darimu. Inilah yang tersisa darimu. Bagi Allah segala puji.”


Ketika aku menjenguknya, ia berkata : “segala puji bagi Allah, aku telah ditemani dengan baik oleh kakiku selama puluhan tahun dan dalam keselamatan agama yang membuat hati rela.”


Seorang ahli hikmah mengatakan: “Sesungguhnya ketenangan tidak akan ada kecuali disertai dengan sikap pasrah terhadap peristiwa terjelek sekalipun. Dasar dari semua itu adalah, karena sikap pasrah akan membebaskan semangat dari belenggunya…” Kemudian ia berkata: “oleh karena itu, ribuan orang telah menghancurkan hidupnya dengan kemarahan, karena tidak dapat pasrah dengan kenyataan yang pahit dan menolak menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan. Bukan berusaha membangun cita-citanya dari sesuatu yang baru, yang dilakukan justru bertempur dengan masa lalunya yang hitam. Dan, mereka terlena oleh kegelisahan yang panjang.


Sesungguhnya meratapi masa lalu yang gagal, dan tangisan keras atas penderitaan dan kekalahan—dalam pandangan Islam—adalah bagian dari bentuk kekufuran kepada Allah dan ketidakrelaan atas ketentuan Allah. 


Pencerahan: Kegagalan adalah musuhmu yang paling berbahaya. Ia dapat menghancurkan ketenanganmu.

Seperti yang disadur dari buku Menjadi wanita paling bahagia, Dr. Aidh al-Qarni, Mutiara kelima

Catatan 23 Maret 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s