Laporan

Hubungan saya dengan laporan selama ini seringkali diiringi dengan rasa deg-deg-an, stress, antusias, kontemplasi sekaligus menikmati setiap momen menuangkan apa yang ada dalam kepala ke dalam bentuk tulisan. Namun, seringkali kali juga membutuhkan waktu yang lama bagi saya untuk mulai menseriusi membuat laporan. Biasanya, jika sudah dekat dengan deadline, barulah neuron-neuron dalam otak saya mulai menyerbu labirin – labirin otak. Deadline adalah kata yang sangat mujarab bagi saya untuk mulai menggerakkan tangan menekan tuts-tuts keyboard. Well, see, selalu ada hubungan antara saya dengan laporan. Sstt… satu lagi, biasanya jika saya sudah mulai serius membuat laporan, dimulai dulu dengan menulis di Blog. Hahaha…. yah anggap saja sebagai pemanasan. Walau pada akhirnya, seringkali juga saya malah keasyikan mengutak atik blog.

Barangkali, jika selama ini tidak ada namanya laporan maka saya bisa jadi tidak menjadi seperti sekarang ini. Laporan adalah bagian penting juga dalam hidup saya. Dengannya saya jadi “terpaksa” harus membaca banyak, berpikir kritis dan menulis banyak. Dengannya, juga kadangkala membuat saya takjub dengan diri sendiri. Kadang saya bisa dengan saat serius terpaku pada layar monitor tanpa terdistraksi dengan pemandangan sekitar, padahal sesungguhnya saya orang yang sangat mudah untuk teralihkan konsentrasinya. Laporan, bisa membuat saya tiba-tiba mendapat mendapat semacam “hidayah” untuk datang sambil bernyanyi-nyanyi kecil mendatangi perpustakaan dan mencari spot-spot sunyi dan strategis dan bergaya seolah-olah saya ini tipe orang yang rajin mendatangi perpustakaan. Padahal mah, kalau tidak karena laporan, barangkali saya lebih memilih berkumpul bersama dengan teman-teman atau bermain dengan anak di rumah. Ajaib ya.

Terima kasih ya laporan. Kamu membuatku jadi harus mencari ilmu melalui referensi, data-data penelitian dan mengasah ketrampilan menulis secara konsisten dan persisten. Tanpamu apa gitu aku. Cara Membuat Laporan Kegiatan yang Baik dan Benar

Leave a Reply

